Obat Covid-19, Hasil Kerjasama BIN, UNAIR dan BNPB Percepat Penanganan Pandemi Covid-19

Obat Covid-19, Hasil Kerjasama BIN, UNAIR dan BNPB Percepat Penanganan Pandemi Covid-19

Jakarta (30/7/2020)- Percepatan penanganan pandemi Covid-19 dapat dilihat dari penemuan obat dan vaksin, termasuk obat herbal. Baru-baru ini, Badan Intelijen Negara (BIN) bekerja sama dengan Universitas Airlangga (UNAIR) beserta sejumlah pakar berhasil memproduksi obat Covid-19 yang telah diuji secara klinis di Surabaya, Bandung, dan daerah zona merah lainya Pernyataan tersebut disampaikan oleh Deputi Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Hari Purwanto dalam diskusi online Bertema "Herbal Anti-Covid Karya Anak Bangsa.


“BIN juga telah memiliki izin dari BPOM terkait produksi obat Covid - 19 tersebut, sehingga  dapat diproduksi, namun belum diproduksi secara bebas dan diperjualbelikan. Obat tersebut dapat dikonsumsi bagi penderita dengan prosedur dan saran dokter,” jelas Deputi-VII BIN.
Perkembangan pemanfaatan obat Covid-19, lanjut Wawan, telah menunjukkan hasil yang semakin baik. Selain itu, tetangga Indonesia, Manila juga telah meminta bantuan dukungan obat dari BIN.
“Harapan besar penemuan vaksin segera terwujudkan, hal tersebut sebagai salah satu upaya melindungi keselamatan dan kemakmuran rakyat Indonesia dan seluruh tanah air,” imbuh Wawan.
Deputi-VII BIN menambahkan dorongan temuan obat dari masyarakat dan bidang industri kesehatan sangat membantu dan memberikan kontribusi yang positif bagi negara. Hal tersebut juga dipermudah dengan keberadaan bahan obat herbal yang mudah dijumpai.
Masyarakat harus tetap menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, kepercayaan publik harus dibangun dengan literasi yang mudah sehingga masyarakat dapat memahami secara utuh pandemi Covid-19 dan penangananannya, pesan Deputi-VII BIN.(*)

Bagikan:

BERITA TERKAIT